Dalam upaya untuk mencapai visi pembangunan di atas, masyarakat Kelurahan Tanjung melalui BKM/LKM Bunga Tanjung telah menetapkan 5 (lima) misi, yaitu :

1. Menjaga kekompakan dan kebersamaan antar anggota BKM/LKM Bunga Tanjung sebagai lembaga amanah masyarakat agar mampu menjadi motor penggerak penanggulangan kemiskinan.

2. Cepat tanggap terhadap permasalahan di masyarakat umumnya berkaitan dengan gerakan penanggulangan kemiskinan.

3. Menciptakan lapangan kerja baru yang diperuntukkan bagi masyarakat yang menganggur.

4. Memberdayakan masyarakat setempat untuk berpartisipasi dan terlibat langsung dalam setiap kegiatan/program yang dilakukan.

5. Membantu masyarakat yang ingin mengembangkan dan memperluas usahanya, agar mandiri dan mempunyai nilai berkelanjutan.

TUJUAN

Tujuan yang ingin dicapai masyarakat Kelurahan Tanjung 3 (tiga) tahun kedepan dalam upaya penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat yang dimotori oleh BKM/LKM Bunga Tanjung adalah :

1. Membangun komitmen bersama Pemerintah, masyarakat, swasta dan pihak peduli untuk bersama-sama berperan serta didalam upaya penanggulangan kemiskinan yang merupakan tanggungjawab bersama.

2. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia/Insani masyarakat melalui penguatan sektor pendidikan, kesehatan, seni dan budaya daerah serta pembinaan generasi muda.

3. Meningkatkan penghasilan masyarakat kurang mampu dengan keterlibatan dan kepedulian berbagai pihak.

4. Menciptakan lapangan kerja dan lapangan berusaha, dalam rangka meningkatkan pendapatan dan daya beli masyarakat melalui penguatan perdagangan dan jasa, serta menciptakan tenaga kerja siap pakai dan berdaya saing sebagai salah satu komoditas kelurahan.

5. Melaksanakan program pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui penguatan kapasitas lembaga ekonomi rakyat seperti ekonomi bergulir, Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) untuk menciptakan produk unggulan sesuai dengan kultur dan potensi Kelurahan Tanjung.

6. Meningkatkan kapasitas keorganisasian untuk menciptakan tata kelola BKM/LKM secara tersistem dan menyeluruh dengan melakukan gerakan bersama dalam upaya pemberantasan KKN (keterbukaan kepada masyarakat) berbasis kultur dan agama. Meningkatkan kekompakan dan rasa tanggung jawab serta kebanggaan pemegang amanah masyarakat dengan tidak mengenyampingkan “jiwa pengabdian” sebagai bagian masyarakat kelurahan yang senantiasa berupaya melestarikan semangat kegotong-royongan.

7. Mengembangkan kemitraan dengan pihak lain sebagai wujud kemandirian dan dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, agar mempunyai arti berkelanjutan.

2 komentar:

salam sahabat
infonya bagus sayanagnya pada bagian 1 sampai 3 saya tidak tahu,namun pada bagian 4 ini saya mendapatkan info yang bermanfaat dan belum pernah saya dapatkan..oh iya saya dah follow anda kok thnxs ya

lapor sob,linknya udah berkibar dirumahku,silahkan dicek.semoga dapat mempererat tali persahabatan

Posting Komentar

Terima kasih atas segala masukan, saran, komentar kepada Shine Community