VISI PERENCANAAN JANGKA MENENGAH (PJM) MASYARAKAT KELURAHAN TANJUNG KECAMATAN MUNTOK KABUPATEN BANGKA BARAT (2009 – 2012)

Dari hasil rembug dan pelibatan masyarakat Kelurahan Tanjung, Visi yang ingin dicapai oleh masyarakat pada 3 (tiga) tahun kedepan (2009-2012) adalah:

"MENAGGULANGI KEMISKINAN DAN PENGANGGURAN DI KELURAHAN TANJUNG SECARA MANDIRI DAN BERKELANJUTAN"


Visi Perencanaan Jangka Menengah (PJM) Kelurahan Tanjung dengan keterlibatan masyarakat ini merupakan arah bagi upaya pencapaian tujuan pembangunan kelurahan tiga tahunan, yang dikoordinir oleh BKM/LKM Bunga Tanjung yang akan menjiwai dan menjadi cita-cita bersama dari seluruh masyarakat dan pihak yang terkait (stakeholders) dengan pembangunan di Kabupaten maupun Provinsi.

Persoalan kemiskinan dan pengangguran merupakan salah satu isu strategis dan menjadi permasalahan bersama di Kelurahan Tanjung, yang harus menjadi perhatian bersama dan ditanggulangi sedini mungkin, mulai dari saat ini dan dimulai dari diri masyarakat sendiri. Sebab soalnya masalah kemiskinan dan pengangguran bukan hanya akibat faktor eksternal namun juga internal masyarakat sendiri. Oleh karena itu, gerakan penanggulangan kemiskinan harus melibatkan masyarakat secara langsung dalam setiap langkah kegiatan. Mulai dari persiapan, perencanaan, pelaksanaan kegiatan sampai dengan evaluasi untuk menuju kemandirian dan berkelanjutan.

Kelurahan Tanjung yang mandiri didasari atas pertimbangan bahwa jenis potensi dan kekayaan alam maupun sumber daya manusia yang dimiliki oleh Kelurahan Tanjung merupakan potensi unggulan yang jika dikembangkan dengan benar dan optimal akan mampu mewujudkan kemandirian.

Keharusan bagi Kelurahan Tanjung untuk mampu mandiri hanya mungkin dilakukan, jika sejak saat ini dipersiapkan sumber daya manusia yang mau berproses, tidak manja atau bergantung dengan pihak lain dan dengan kesadarannya sendiri ingin meningkatkan kemampuan dan keingintahuannya. Sehingga proses pembangunan nanti akan mampu menempatkan masyarakat Kelurahan Tanjung menjadi ”pemain” dan bukan menjadi ”penonton” di daerahnya sendiri. Akan menjadi subjek dari pembangunan dan bukan manjadi objek yang tanpa mau berproses.

Berkelanjutan yang dimaksud bahwa kegiatan/program yang direncanakan dan dilakukan mempunyai arah dan nilai untuk mendukung kegiatan/program lainnya. Bukan kegiatan/program yang habis sesaat, tanpa mempunyai nilai dan manfaat dalam jangka panjang kedepan. Suatu kegiatan/program yang dirancang akan dapat mempunyai arti bagi masyarakat lainnya dan dapat mengembangkan serta meningkatkan sisi lain kehidupan masyarakat Kelurahan Tanjung.

Dukungan dan kemitraan tentunya sangat diperlukan agar dapat mendukung perencanaan kegiatan yang berkelanjutan. Peran serta semua pihak, baik pemerintah, swasta maupun masyarakat dan pihak peduli menjadi dasar dan landasan untuk mewujudkan kemandirian dan berkelanjutan tersebut. Baik dalam bentuk motivasi moral maupun kepedulian serta bantuan teknis dan pembiayaan, diharapkan mampu manjadi support di tengah masyarakat.


Bersambung...

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas segala masukan, saran, komentar kepada Shine Community