Senin, 15 Februari 2010

Pembekalan Masyarakat

Pembekalan Masyarakat yang melibatkan LKM, relawan dan staff pelaksanan LKM. Pembekalan ini bertujuan menyamakan pemahaman terhadap konsep dan mekanisme PNPM Mandiri Perkotaan disamping sebagai sarana komunikasi psikologis yang bermuara pada terjalinnya hubungan kekeluargaan. Dalam pembekalan yang dilaksanakan tersebut, dilakukan upaya penyadaran kritis bahwa persoalan kemiskinan adalah tanggungjawab bersama. Dan sayang sekali pihak kelurahan belum dapat hadir dikarenakan sesuatu hal. Tetapi tidak menjadi soal, dukungan moral dan motivasi kepada masyarakat sudah lebih dari cukup untuk membantu pelaksanaan kegiatan.

Pembekalan yang dilakukan hampir dua minggu ini (mengingat waktu dan kondisi masyarakat), mengeluarkan beberapa kesepakatan, diantaranya kriteria warga miskin kelurahan menurut masyarakat sendiri. Karena kriteria suatu daerah tidak bisa disamakan dengan daerah lainnya, mengingat tempat, budaya dan karakter masyarakat yang berbeda-beda. Disini, dicoba menggali kearifan lokal berdasarkan kondisi nyata masyarakat. Sehingga kriteria yang disepakati adalah sesuatu yang ada di kelurahan Sungai Daeng.

Selain itu juga dibahas teknis dan mekanisme input data kebutuhan masyarakat, yang tidak hanya terfokus pada dana BLM (Bantuan Langsung Masyarakat). Sangat mustahil jika persoalan kemiskinan hanya diselesaikan dengan dana BLM yang besarnya tentu tidak sebanding dengan kebutuhan masyarakat. Untuk itu, seluruh kebutuhan akan diinput sebagai aspirasi masyarakat dan harapannya pihak-pihak lainnya dapat menjadi mitra untuk bersama-sama peduli terhadap persoalan di masyarakat, khususnya di Sungai Daeng.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas segala masukan, saran, komentar kepada Shine Community