Rabu, 03 Maret 2010

Pembekalan Masyarakat Tanjung

Pelaksanaan kegiatan menuntut adanya persiapan yang matang. Persiapan dimulai dari peningkatan kapasitas masyarakat, yang ditandai dengan dilakukannya pembelakan di masyarakat. Dalam istilah kerennya adalah pelatihan. Begitu juga di Kelurahan Tanjung Kecamatan Muntok Bangka Barat, setelah dilakukannya review kelembagaan, langkah selanjutnya adalah pembekalan masyarakat.

Pembekalan yang difokuskan pada sharing pendapat dan review kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya, sedikit banyak menjadi masukan di dalam pelaksanaan kegiatan kedepan. Masyarakat telah memiliki pengalaman dan kemampuan masing-masing. Sehingga pelaksanaan pembekalan tidak mutlak hanya teori dan hanya sebuah wacana belaka. Namun secara langsung diterapkan di lapangan.

Penerapan kegiatan langsung di lapangan dimulai dari OJT (On The Job Training), melakukan penelusuran wilayah se-kelurahan Tanjung sebagai media inventarisasi masalah dan persoalan yang mengemuka di masyarakat. Tidak langsung melakukan input kebutuhan, namun mempelajari situasi dan kondisi riil masyarakat, baru kemudian dalam waktu kedepan akan muncul kebutuhan sebagai alternatif jawaban permasalahan tersebut.

Disini kesabaran dituntut untuk dapat menginventaris persoalan yang ada di masyarakat. Sehingga perumusan pemecahannya pun akan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat yang nyata.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas segala masukan, saran, komentar kepada Shine Community