Rabu, 03 Maret 2010

Review Kelembagaan

Sebuah Kilas Balik Perjalanan Lapangan

Tanggal 22 Maret 2009, merupakan puncak kegiatan kaderisasi Pimpinan Lolektif Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM). Kegiatan dengan agenda pemilihan keanggotaan LKM sebagai wujud penghargaan ikrar suci masyarakat yang dituangkan dalam Anggaran Dasar (AD) pembentukan organisasi masyarakat warga tahun 2006 lalu, yang akan menjadi dasar pelaksanaan kegiatan pengorganisasian masyarakat di Kelurahan Tanjung.

Setelah dilaksanakan pemilihan utusan warga di tingkatan RT/RW, selanjutnya dilakukan pemilihan di tingkatan kelurahan dengan menghadirkan para utusan warga yang terpilih di masing-masing RT/RW. Dan dilakukan pemilihan keanggotaan LKM secara langsung oleh utusan warga yang hadir. Dalam kesempatan ini disepakati keanggotaan LKM adalah 13 orang.

Pelaksanaan pemilihan yang dipimpin oleh Pak Helmi Azhari (Koordinator BKM terdahulu) sebagai pimpinan sidang, dimulai dengan pembacaan Anggaran Dasar dan tata tertib pemilihan sebagai landasan kegiatan hari ini. Meskipun sempat terjadi insiden kericuhan kecil, namun substansi pelaksanaan kegiatan pemilihan dapat terjaga dan berjalan.

Setelah sesi pambacaan Anggaran Dasar dan Tata tertib pemilihan, dilanjutkan pemilihan pimpinan kolektif lembaga keswadayaan masyarakat dengan terlebih dahulu mengecek daftar utusan warga yang hadir saat itu. Dan satu persatu utusan warga memberikan suaranya melalui kertas suara yang telah disiapkan oleh panitia.

Perhitungan suara pun dimulai setelah seluruh utusan warga yang hadir memberikan suaranya melalui kertas suara dan memasukkannya di kotak suara. Telah disepakati sebelumnya, bahwa keanggotaan LKM nantinya adalah 13 orang. Maka dalam perhitungan nanti, warga yang memperoleh jumlah suara dengan peringkat satu sampai dengan 13 akan duduk sebagai perwakilan masyarakat. Akan mengemban amanah masyarakat sebagai representasi masyarakat kelurahan dengan menjunjung nilai-nilai keadilan, kesetaraan, kejujuran dan akuntabilitas di masyarakat. Berat memang, namun itu adalah hal yang harus dilaksanakan agar tidak timbul pengingkaran dan pengkhianatan terhadap kesejatian nilai sebuah amanah.

Disela-sela pelaksanaan kegiatan pemilihan ini, disisipkan review keuangan BKM sebagai laporan ke masyarakat berkaitan dengan pengelolaan dana BLM termin terdahulu.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas segala masukan, saran, komentar kepada Shine Community